Festival dam Hari-hari libur di Amerika

Posted: Juni 17, 2012 in America My Big Dream", Budaya Amerika, Sekilas Info

Dalam budaya Amerika, terdapat tiga hari libur terbesar yang terjadi di akhir tahun yakni Halloween, thanksgiving dan christmast. Pada hari Halloween, orang akan berlomba untuk berpesta kostum. Hari Halloween selalu jatuh pada tanggal 31 Oktober. Asal mula Halloween adalah dari Irlandia, yakni dari kebudayaan Gael. Pada masa lampau tersebut, orang menggunakan topeng berpura-pura sebagai roh jahat dan berdamai dengan roh-roh jahat pada suatu hari khusus dimana pembatas dunia orang mati dan hidup terbuka. Pada pesta Halloween di Amerika, anak-anak biasanya akan berkeliling dari rumah ke rumah dan meminta permen atau coklat. Rumah-rumah biasanya dihiasi dengan symbol-simbol yang menyeramkan. Simbol utama dalam perayaan Halloween adalah labu, biasanya labu diukir menjadi bentuk wajah menakutkan dan disinari lampu dari dalam. Di kota New York, biasanya ada pawai kostum yang sangat ramai.

Festival dan hari libur kedua yang telah menjadi budaya Amerika adalah hari Thanksgiving. Thanksgiving adalah hari pengucapan syukur dalam tradisi orang Amerika. Hari thanksgiving selalu jatuh pada hari Kamis minggu keempat di bulan November dan menjadi hari libur resmi. Thanksgiving sendiri merupakan hari untuk mengucapkan syukur dan memuji Tuhan atas panen yang diberikan, jadi terjadi di akhir musim panen. Unsur keagamaan sekaligus menjadi tradisi dalam perayaan ini. Pada perayaan thanksgiving, seluruh keluarga dan sanak saudara berkumpul bersama. Hidangan yang wajib dalam perayaan thanksgiving adalah seekor kalkun panggang dengan saus kranberi. Karena asal Thanksgiving dari kaum Pilgrim, maka hidangannya juga dibuat dari bahan makanan asli Amerika Utara yang dulu pernah diberikan oleh suku Indian kepada kaum Pilgrim. Di saat makan malam bersama ini, para anggota keluarga akan menceritakan hal baik yang mereka alami sebagai wujud ucapan syukur.

Setelah dua hari libur di atas, tibalah perayaan hari Christmast atau sering dikenal dengan hari Natal. Hari Christmast merupakan hari raya keagamaan Kristen dan Katolik, untuk merayakan lahirnya Juru Selamat yakni Yesus Kristus. Hari raya Natal jatuh pada tanggal 25 Desember. Saat-saat menjelang Cjristmast, orang akan menghiasi rumah mereka dengan pohon Natal, lampu-lampu, tulisan Merry Christmast, bahkan boneka salju karena Christmast di Amerika jatuh pada musim dingin. Pada malam sebelum Christmast, orang Kristen akan pergi ke gereja. Hari raya ini juga dijadikan sebagai waktu untuk berkumpul dan makan malam bersama keluarga, saling tukar kado, saling beramal untuk para orang miskin dan saatnya Santa Clause yang terkenal suka memberi hadiah pada anak-anak muncul.

Sumber <amerikaserikat.net>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s