American Cowboy

Posted: Juni 17, 2012 in America My Big Dream", Budaya Amerika, Sekilas Info

Cowboy adalah seorang penggembala pada zaman tradisi Amerika Serikat dulu. Pada awalnya cowboy kebanyakan orang Indian dan Meksiko namun berkembang luas ke orang Amerika Serikat. Cowboy dapat dibilang merupakan profesi tersendiri dan memang memerlukan keterampilan khusus. Untuk menjadi cowboy harus terampil dalam menunggang kuda dan rodeo. Selain itu, keterampilan seperti menembak dan menggembalakan ternak juga penting.

Seorang cowboy biasanya memakai celana kulit. Selain itu, mereka memang memiliki peralatan yang khas yakni sepatu cowboy dan topi cowboy. Sepatu cowboy merupakan sepatu yang panjangnya sampai lutut dan menutupi celana jins. Sepatu cowboy memang kokoh dan gagah sesuai dengan pekerjaan menunggang kuda dan menggembalakan ternak. Selain itu, sepatu cowboy juga terbuat dari bahan yang kuat untuk menunjang aktivitas cowboy yang aktif. Selain sepatu, topi cowboy juga menjadi perlengkapan yang penting. Fungsi utamanya tentu melindungi kepala dari sinar matahari terlebih seorang cowboy memang bekerja di lapangan, di ladang dan mengembara. Topi cowboy memiliki tepi topi yang lebar supaya lebih melindungi dari sinar matahari. Selain itu, topi cowboy biasanya dibuat dari bahan yang tahan air dan memiliki pita penahan keringat.

Pada zaman dulu, para cowboy suka melintas di wilayah Oklahoma dari negara bagian Texas. Para cowboy ini diupah untuk bertugas menggiring ternak dari wilayah Texas di selatan Oklahoma menuju ke utara yakni daerah Kansas. Oleh sebab itulah, cowboy identik dengan daerah Texas. Binatang ternak tersebut pada akhirnya akan dijual ke wilayah timur dengan memakai jasa kereta api. Pada masa kemunculan cowboy, banyak pula bandit yang mencoba merusak ketentraman warga dengan mencuri dan merampok karena pada masa ini penegakan hukum memang rendah.

Hal lain yang menjadi khas cowboy di Amerika Serikat adalah rodeo. Rodeo merupakan olahraga keterampilan yang lahir dari keterampilan berternak. Rodeo sering dijadikan kompetisi oleh para cowboy untuk menunjukkan keterampilan dalam menunggangi ternak termasuk banteng, mengikat tali dan melemparkan ke hewan ternak, menunggangi sadel, dan menjalani balap. Rodeo memang merupakan keterampilan yang diperlukan oleh seorang cowboy sejati.

sumber <amerikaserikat.net>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s