TUGAS PEMBELAJARAN PROYEK SENDATARI

Posted: Mei 3, 2012 in CINTA & TINTA MPTI, Pembelajaran MPTI

“Apapun yang dapat anda lakukan, yang anda impikan, mulailah, keberanian mengandung kejeniusan, kekuatan, dan keajaiban didalamnya.” -Golden word-

Ada beberapa keterampilan yang saya dapatkan dalam proses perencanaan sendatari diantaranya:

Satu, Selama proses pada pembelajaran Sendatari MPTI banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan serta Pengetahuan bagaimana memanajemen setiap kegiatan. Kapan kita harus berkumpul bersama team untuk mempersiapkan penampilan sendatari dengan sebaik-baiknya dan memperoleh hasil  yang maksimal. Saya juga sadar yang saya perankan dalam drama ini sesuai dengan karakter saya sendiri dan menemukan jati diri saya sebenarnya. Saya merasa banyak teman.

Kedua, Setiap orang pastinya memiliki beberapa pendapat/argumen khususnya dalam  kelompok saya sendiri. pelajaran yang saya ambil bahwa kita harus saling menghargai setiap pendapat dari teman satu team. Jika ingin sukses maka langkah pertama yang harus ditempuh harus selalu menanggapi segala kritik dan saran, dan perlu disadari proses ini sangat membantu dalam membangun kerja sama didalam team.

Ketiga, saling bertukar pengalaman dengan teman satu team.

Sikap yang harus saya ubah :

Pertama, didalam satu team terdapat berbeda-beda pendapat dan seharusnya kita tidak boleh egois dalam mempertahankan satu pendapat. kita harus saling menghargai setiap pendapat yang ada. Demi kelancaran sebuah proyek (sendatari). Saling membantu karena setiap masalah yang menimpa proyek merupakan tanggung jawab kita bersama.

Kedua, Ketidak tepatan waktu adalah hal yang perlu diubah, karena kebiasaan ini dapat memberikan dampak yang buruk bagi team.

Mengidentifikasikan kelemahan dan kelebihan dirinya dalam merencanakan dan melakukan sendratari

>. Kelemahan diri saya ketika merencanakan sendatari pada  Awalnya saya belum begitu paham konsep cerita drama sendatari kelompok saya, karena masih ada beberapa cerita yang telah kami manipulasi dari cerita sebenarnya. Masih kurang referensi dalam membangun ide pengembangan cerita sendatari, kurangnya persediaan tempat untuk latihan buat persiapan sendatari.

> Kelebihan saya dalam merencanakan sendatari :  mendapatkan ide2 kreatif, saya dapat menyesuaikan peran dengan karakter pribadi, bag saya ini sangat penting karena setiap orang yang akan menampilkan peran yang dimainkannya mereka harus mendapatkan feel nya terlebih dahulu terhadap peran yang akan diperankan, berpikir out of the box disini saya mencoba untuk berfikir dalam mengarang cerita yang berbeda dari yang lain dan memanipulasi dari cerita yang sudah ada dan tidak keluar dari cerita kenyataannya.

Dalam   memperbaiki kelemahan saya diatas, maka ada beberapa cara yang harus saya lakukan yaitu :

> Mengenai konsep ceritanya, saya harus belajar lebih focus atau pay attention terhadap alur cerita sendatari dan seharusnya saya lebih aktif bertanya jika terdapat satu hal yang saya tidak mengerti dalam konsep cerita sendatari ini.

> Mempersiapkan lebih matang lagi, dan semestinya saya butuh waktu persiapan yang pas buat mencari referensi dalam membangun ide cerita sendatari.

> Menyiapkan tempat yang sesuai, cocok, dan nyaman digunakan untuk melakukan perencanaan dan latihan proyek sendatari.

Buat mempertahankan kebiasaan baik ini semestinya saya harus terus melakukannya dengan konsisten. Bagaimana saya dapat menyesuaikan peran saya dalam dunia sendatari dan menemukan ide-ide kreatif dalam menginovasi cerita yang sudah ada dan berdasarkan dengan kenyataan yang sudah ada.

Tinggalkan Balasan

