Project Management in Construction

Posted: Februari 29, 2012 in 9 Knowledge Area, CINTA & TINTA MPTI

Proyek adalah suatu kegiatan sementara yang berlangsung  dalam jangka waktu yang terbatas,dengan alokasi sumberdaya tertentu dan dimaksudkan untuk melaksanakan tugas yang sasarannya telah ditetapkan dengan jelas .(soeharto,I.,1999) sebelum kita mempelajari dari suatu konstruksi dari sebuah proyek, maka kita harus mengetahui apa itu proyek dari segi pengertian, sehingga bisa memudahkan kita dalam mempelajari apa saja yang terkait dalam poyek manajemen konstruksi. Menurut PMBOK 2008 “Project is a temporary endeavor undertaken to create a unique product or service.

Ketiga faktor diatas adalah merupakan kunci sukses dalam mendirikan suatu proyek. Misalkan saja pada Quality : memberikan hasil produk dengan kualitas yang baik dan unik pada suatu proyek, Time : mengidemtifikasikan berapa lama waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu proyek? Dan mengetahui project schedule, dan Cost : apa yang  harus dilakukan cost dalam menyelesaikan suatu proyek dan budget dari proyek. Project manajer harus mampu menyeimbangkan hubungan antara Budget, schedule, quality, scope, dan resource dan keseluruhannya berjalan secara bersamaan.

Sebagaimana terdapat beberapa contoh proyek yang ada di Indonesia seperti proyek pembangunan jembatan “suramadu”.

Dan banyak lagi proyek-proyek konstruksi lain yang yang telah diimplementasikan oleh negara seluruh dunia seperti membangun gedung-gedung pencakar langit.

Proyek tidak harus segala yang berkaitan dengan proses pembangunan dan segala aktifitas dalam manajemen proyek konstruksi (perusahaan-perusahaan) tetapi pada acara-acara sederhana pun bisa dikatakan sebagai proyek, seperti acara pernikahan dan lainnya. Karena pada proses ini juga membutuhkan triple constraint Quality, time, dan Cost.

Menurut PMBOK = Project Management Body of Knowledge Dibagi menjadi 9 area kilmuan Manajemen Proyek.

  • Frame : Project integration management
  • Core : Project Scope, Time, Cost, Quality
  • Support : Integration Management, Scope management, Time management, Cost management, Quality management, Human Resource Management, Communication Management, Risk Management, Procurement management.

Dan keseluruhannya berjalan secara bersamaan. Seperti pada gambar dibawah ini.

Project Scope Management termasuk suatu proses yang dikembangakn untuk mendefinisikan dan mengontrol apa yang termasuk atau tidak yang termasuk dalam suatu proyek.

1. Scope planning

Scope planning menjelaskan bagaimana suatu scope (ruang lingkup)  didefenisikan,diuji, dan diawasi serta bagaimana Work Breakdown Structure akan dibentuk. Dan scope planning merupakan tahap awal yang harus dilakukan pada sope management plan. Hasil utama dari scope planning adalah suatu scope management plan yang mempersiapkan suatu dokumen yang berisi deskripsi bagaimana tim akan mempersiapkan project scope statement, membuat WBS, memastikan penyelesaian dari proyek yang dikerjakan dan mengontrol perubahan pada scope proyek.

2. Scope Defenition

adalah menentukan lebih lanjut pekerjaan yang dibutuhkan untuk proyek. Scope definition yang bagus sangat penting untuk kesuksesan proyek karena sangat membantu meningkatkan akurasi dari waktu, biaya, dan sumber yang digunakan, serta menegaskan suatu baseline untuk memastikan kemampuan dan mengontrol proyek dan juga membantu dalam memperjelaskan komunikasi dalam tanggung jawab kerja. Hasil utama dari scope definition adalah project scope statement.

3. Create WBS

WBS adalah pengelompokan pekerjaan sulit dalam suatu proyek yang menentukan total scope dari proyek. Karena banyak proyek melibatkan banyak orang dan banyak perbedaan, ini sangat penting untuk menyusun dan memutuskan pekerjaan kedalam bagian logika dan didasari pada bagaimana pekerjaan akan dapat ditingkatkan.

4. Sscope verification

Melibatkan persetujuan formal dari project scope yang diselesaikan oleh stakeholders. Persetujaun ini sering dicapai dengan melakukan penyelidikan pada pelangaran. Untuk menerima persetujuan formal dari project scope, tim proyek harus membuat dokumentasi yang jelas dari produk proyek dan prosedur untuk menevaluasi jika proyek sudah diselesaikan dengan benar dan menimbulkan kepuasan. Untuk mengurangi perubahan scope, sangat perlu dilakukan pekerjaan yang dapat memastikan project scope.

5. Scope Control

Melibatkan peraturan perubahan pada project scope. Tujuan dari scope control adalah mempengaruhi factor yang menyebabkan perubahan scope, menyakinkan perubahan yang diproses berdasarkan pada prosedur yang dikembangkan sebagai bagian dari mengintegrasikan perubahan control, dan mengatur perubahan ketika perubahan ini terjadi. Scope control termasuk mengidentifikasikan, mengevaluasi, dan mengimplementasikan perubahan dari project scope sebagai progress dari proyek.

Project Time Management

Project time management dapat diartikan secara sederhana, melibatkan proses yang dibutuhkan untuk memastikan waktu penyelesaian dari proyek. Ada enam proses utama yang dilibatkan dalam project time management yaitu :

  1. Activity Definition

Tujuan utama dari proses activity definition adalah untuk memastikan bahwa tim proyek sudah benar – benar mengerti semua tugas yang harus mereka lakukan sebagai bagian dari project scope sehingga mereka dapat memulai penjadwalan kerja. Suatu aktivitas atau tugas adalah suatu elemen yang biasanya dapat diliat pada WBS yang disertai dengan durasi waktu, biaya dan resource yang digunakan.

2. Activity Sequencing

ctivity sequencing melibatkan pengematan kembali pada daftar aktivitas dan atribut, project scope management, daftar milestone, dan perubahan yang disetujui untuk menetukan hubungan antara aktivitas.

3. Activity Resource Estimating

Sebelum mengestimasi durasi untuk setiap aktivitas, harus dimiliki suatu ide yang baik untuk kuantitas dan tipe dari resource (orang, peralatan, dan material) yang akan ditentukan setiap aktivitas.

4. Activity Duration Estimating

mengestimasi durasi dari aktivitas. Penting untuk diingat bahwa durasi termasuk jumlah dari waktu kerja pada aktivitas plus waktu yang dilewatkan.

5. Schedule Development

menggunakan hasil dari semua proses project time management yang sebelumnya untuk menentukan awal dari akhir dari proyek. Sering ada beberapa iterasi dari semua proses project time management sebelum suatu jadwal proyek diselesaikan

6. Schedule Control

Prose akhir dari project time management adalah schedule control. Seperti scope control, schedule control adalah suatu bagian dari proses pengendalian perubahan. Tujuan dari proses ini adalah untuk mengetahui status dari jadwal proyek, faktor yang depengaruhi karena perubahan jadwal,menentukan jadwal yang berubah, dan mengatur perubahan ketika perubahan itu terjadi.

 Project intergrasi Management

Project intergrasi management melibatkan koordinasi dari semua knowledge area melalui life cycle suatu proyek. Integrasi ini memastikan bahwa semua elemen dari suatu proyek selesai bersama pada waktu yang benar untuk menyelesaikan suatu proyek yang sukses.

Develop project charter : Merupakan dokumen formal yang menyatakan keberadaan sebuah proyek dan memberikan arahan tujuan dan manajemen proyek.

Develop preliminary project scope statement : Adalah sebuah dokumen yang digunakan untuk membangun dan mengkonfirmasi pemahaman akan ruang lingkup dan batasan proyek.

Develop project management plan : Adalah dokumen yang dapat digunakan untuk mengkoordinasikan semua dokumen perencanaan proyek. Tujuan utamanya adalah memberikan tuntunan dalam eksekusi proyek.

Develop and project execution : Adalah tahap melaksanakan pekerjaan yang telah digambarkan dalam project plan. Mayoritas waktu dan uang digunakan dalam eksekusi.

Monitor and control project work  : Adalah proses yang terdokumentasi yang menggambarkan kapan dan bagaimana dokumen-dokumen proyek dan pekerjaannya dapat diubah. Menggambarkan orang yang berwenang untuk membuat perubahan dan bagaimana cara membuat perubahan Tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s